Sunday, January 17, 2016

[First Impression] Boku dake ga Inai Machi

Fujinuma Satoru - Hinazuki Kayo

Basic Information: https://anidb.net/perl-bin/animedb.pl?show=anime&aid=11292

Official Website: http://bokumachi-anime.com/



Kenapa Saya Tertarik Menonton:

1. Plot summary-nya BENER-BENER menarik.
2. Firasat saya kembali mengatakan, anime ini bakal serius ekstrim.



Kesan Awal:

Harus saya katakan bahwa Boku dake ga Inai Machi bener-bener edan di 2 episode awal, membuat saya memiliki prediksi kalo ini bakalan jadi anime of the season jika kualitasnya konstan (atau malah meningkat nantinya?).

Apa aja faktor keren yang membuat saya sanggup berprediksi demikian?
Kupu-kupu. Simbolisme tertentu kah?

Pertama, kita punya protagonis yang unik, Fujinuma Satoru.

Oke lah, kekuatan supranatural yang dimiliki (Revival) nggak begitu bikin saya kaget. Tapi saya harus angkat 4 jempol karena keunikannya, yaitu menggambarkan jalan pemikiran seorang berusia 29 tahun yang bekerja di dalam tubuh anak 10-11 tahun. Totally impressive! Bukan kepribadian ganda atau masalah psikologis lainnya, namun bagaimana cara si karakter memandang permasalahan 18 tahun yang lalu dengan kemampuan kognitif yang lebih upgraded. Saya juga harus angkat topi buat pemakaian dua seiyuu untuk inner voice dan cara bicara anak-anak dari Satoru.
Protagonis kali ini mas-mas tukang anter pizza.

Kedua, komposisi.

INI ANJAY SEKALE SUMPAAAAHHH! Dua episode ini suspense-nya bener-bener nggak berhenti! Saya sempet nengok sedikit bagian dari manga-nya, dan ternyata anime ini SUKSES BESAR memotong bagian-bagian nggak penting sehingga pace yang mengalir di 2 episode awal begitu mencengkram, terus-menerus bikin saya heboh nggak karuan.
Saya literally TERIAK sewaktu ngeliat adegan ini!

Ketiga, premis.

Jelas dan SANGAT solid! Tujuan anime ini udah jelas banget akan diarahkan ke pencarian pelaku, PLUS hubungan antara kasus pembunuhan ibunya Satoru dan hilangnya Hinazuki Kayo. Ditambah gilanya komposisi, anime ini bener-bener auto-jebret, sanggup menyerang titik lemah saya yang selalu penasaran tentang hal yang nggak segera diungkap. Saya pun sukses dibikin nggak sabaran TOTAL untuk tau akhir dari kasus ini. Kenapa oh kenapa anime ini begitu mendebarkaaaann ashgawhrabgwhegwahr #berbusa
Kecil-kecil udah anu aja kalean #plak

Sisanya? Atmosfer stoic yang sedap total, plus visual yang mendukung banget untuk suasana melankolik. Opening sama ending theme-nya juga lumayan~ :3

Udah ah, itu aja. Sisanya akan saya bahas di full review kalo udah tamat nanti. :P

Tuh kan kalean anu lagi #dzigggh

Oh ya, ngomong-ngomong soal pelakunya... saya cuma mau ngomong satu hal: red herring. Inget baik-baik trik literatur tersebut. Selamat berteori untuk mencari tahu siapa pelakunya! :3

Saya lemah sama ekspresi begini.... #kejang #berbusa


---------------



9.6/10 untuk 2 episode awal Boku dake ga Inai Machi a.k.a ERASED. Gila lah, jarang-jarang ada anime dengan awal-awal sedap dan nikmat kayak begini!

Boku dake ga Inai Machi tayang setiap hari Jumat pukul 00:55 JST di channel Fuji TV. Untuk sub English... saya ngikutin apa yang ada aja. Tapi bakal terus diganti dari fansub GJM-eraser kalo mereka udah rilis hasil sub-nya.


***

14 comments:

  1. nonton ini langsung inget butterfly effect asthon kutcher

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.imdb.com/title/tt0289879/
      yap film yg lumayan mirip ama ni anime
      pas gede dia ada penyesalan gitu ama masa kecilnya gt

      Delete
    2. Kalo aku sih setiap ngelakuin sesuatu jadi kepikiran teori butterfly effect gara-gara nonton ini #NggakNanyaYa hehe. Anime paling ditunggu sama otaku dan wibu seperjuangan. Soalnya berita "kemahsyuran"-nya tercium sangat wangi jauh sebelum ditayangkan

      Btw, hajimemashite author-san, saya pendatang baru.yoroshiku onegaishimasu *bow*. Dan gomen sudah nimbrung, hehe

      Delete
    3. Seriusan, saya nggak ngerti itu film apaan, jarang banget nonton film... palingan kalo selewat ada di TV baru saya tonton, itupun kalo nggak sengaja nyetel TV XD

      Kalo saya sendiri baru tau anime ini pas muncul di seasonal calendar-nya AniDB. Nah, firasat saya langsung bilang yg satu ini harus ditonton. Nggak lama setelah nonton 2 episode saya baru cek manganya dan... memang keren parah ceritanya d(≧∀≦)b

      Welcome \(≧∀≦)
      Nimbrung juga nggak masalah kok :P

      Delete
    4. Kalo soal film itu, saya juga nggak nonton kok hehe #plak. Cuma emang sempet search tentang butterfly effect. Sengaja nggak cek manga karna kayaknya animenya bisa mentransplantasikan ceritanya dengan baik. Hopefully, hehe

      Delete
    5. > Transplantasi
      Transplantasi mah pindahin jaringan/organ dari satu individu ke individu laen XD
      Interpretasi mungkin maksudnya?

      Delete
    6. Haha maksud kata "transplantasi" yang sebelumnya saya tulis itu secara nggak harfiah merujuk ke cerita yang di manga ke animenya thor. Dah si author mah gitu

      Delete
  2. jalan cerita nie anime asik banget, misteri yang bercampur dengan suasananya itu loh, yang bikin wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, memang asik kok :3

      Tapi saya mau kasih saran, siapkan mental Anda :P

      Delete
    2. Gw dah baca komiknya, gak nyangka banget, jadi sedih sendiri

      Delete
    3. Eaaaaa... udah tau juga ternyata dari manganya.

      Stop ya, no spoiler. Kalo mau ngomongin spoiler tunggu tamat animenya :P

      Delete
  3. Benar-benar mendebarkan anime yang satu ini. Penasaran terus di buatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. BANGET.
      Saya yang udah baca manganya aja masih heboh sendiri pas nonton animenya... errrggghh final showdown cepetan plis arhergahgwehagrhaegh #duar

      Delete